Thursday, December 15, 2016

Pantai Gandoriah,Kota Pariaman










Berada tidak jauh dari pusat kota Pariaman. Wajar saja pantai satu ini selalu ramai dikunjungi, baik oleh masyarakat disekitar Pariaman ataupun dari wisatawan lokal dan mancanegara. Pantai yang melandai, ditambah dengan pemandangan lepas berwarna biru, tidak ada alasan untuk tidak berkunjung kesini, pantai Gandoriah.
Karena letaknya yang dekat sekali dengan pusat kota, maka perjalanan ke sana juga sangat mudah diakses. Ada banyak angkot dan bus yang melewati kawasan wisata ini. Selain itu, bahkan PT. KAI juga menmepatkan stasiun tepat di depan pintu gerbang Pantai. Tak heran, kemudian kereta wisata Padang-Pariaman dibuat melewati kawasan pantai ini. Tak lain tujunannya adalah memanjakan pengunjung dengan keindahan dan panorama pantai.
Selain panorama yang indah, ia juga tidak lupa menyebutkan camilan khas pariaman, yang juga bisa anda dapatkan di sekitar Pantai Gandoriah. Yaitu Sala lauak, dan kelapa muda. Memang kawasan ini banyak ditumbuhi pohon kelapa. Liburan di pantai yang indah, ditemani es kelapa dan sala , kurang menarik apalagi?
Panorama laut memang menjadi salah satu keunggulan utama pantai ini. Di lepas pantai setidaknya terdapat gugusan 6 pulau kecil yang terlihat bagaikan menghias cakrawala. Keenam pulau itu adalah Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong dan Pulau Bando.
Pantai ini ramai dikunjungi kala musim liburan tiba, puncak kunjungan biasanya pada hari-hari di bulan Muharam, penanggalan Islam. Pada bulan tersebut, diadakan event tahunan yaitu tradisi hoyak tabuik. Biasanya puncak acara yaitu pada tanggal 10 Muharram, ketika tabuik diarak dan kemudian dibuang ke laut. Pantai Gandoriah dipilih menjadi salah satu pusat kegiatan tersebut, sehingga bila anda berkunjung kesana, anda akan menadapati bahwa pantai akan penuh sesak.
Selain tabuik, ada sisi budaya lain yang melekat pada salah satu tujuan wisata di Sumatera Barat ini. Ternyata, ada cerita, atau yang biasa disebut masyarakat minang sebagai kaba, yang menjadi asal usul penamaan pantai ini menjadi Gandoriah. Yakninya kaba anggun nan tongga dan Puti Gandoriah.

Copyright © GUSTI TRAVEL | Designed With By
Scroll To Top